Monday, April 13, 2020

Eplerenone : Obat Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Eplerenone : Obat Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi atau yang juga kita kenal dengan nama penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat indonesia. Berdasarkan sudut pandang medis, tekanan darah tinggi merupakan kondisi medis kronis yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah pada pembuluh darah arteri. Kondisi ini tentunya membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Pengukuran tekanan darah umumnya melibatkan 2 variabel yaitu variabel sistolik dan variabel diastolik. Sistolik sendiri merupakan suatu kondisi ketika otot jantung sedang berkontraksi, sedangkan diastolik merupakan kondisi ketika otot jantung sedang berelaksasi.

Tekanan darah normal orang dewasa dalam kondisi istirahat adalah 100 – 140 mmHg sistolik (bacaan atas) dan 60 – 90 mmHg diastolik (bacaan bawah). Orang yang menglami kondisi tekanan darah tinggi, akan memiliki tekanan darah sebesar 140/90 mmHg bahkan lebih. Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga menjadi salah satu penyebab utama dari berbagai penyakit kronis seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri, dan berbagai penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu, sangat perlu bagi kita semua untuk selalu menjaga supaya tekanan darah kita selalu dalam keadaan normal. Tetapi, jika anda sudah terlanjur mengalami penyakit hipertensi atau darah tinggi, anda bisa menggunakan obat eplerenone untuk mengatasinya.

Eplerenone merupakan obat yang sering digunakan bersamaan dengan obat – obatan lainnya untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Obat ini bekerja dengan cara menghalangi zat kimia aldosteron yang ada didalam tubuh serta menurunkan jumlah natrium dan air yang ada didalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini tentunya dapat berdampak baik pada kesehatan, diantaranya dapat mengurangi risiko terjadinya stroke, mencegah terjadinya serangan jantung, serta memperkecil risiko terjadinya masalah ginjal. Selain itu, obat eplerenone juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit gagal jantung kongestif yang terjadi setelah serangan jantung.

Eplerenone merupakan obat yang dapat anda konsumsi baik sebelum makan, maupun setelah makan. Obat ini sebaiknya dikonsumsi sebanyak dua kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Normalnya, hasil penggunaan obat ini baru akan terasa setelah 4 minggu untuk dapat sepenuhnya menurunkan tekanan darah. Tetapi, anda bisa mengoptimalkannya dengan cara selalu mengkonsumsi obat ini dalam waktu yang sama setiap harinya. Eplerenone merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis eplerenone untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk gagal jantung kongenstif : 25 mg diminum sekali sehari.


Dosis eplerenone untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat eplerenone yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika diberikan kepada anak – anak sehingga hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat eplerenone juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat eplerenone, yaitu :
  • Diare
  • Sakit perut
  • Batuk
  • Pusing
  • Perasaan lelah



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search